Minum Air Putih Tidak Harus 8 Gelas Perhari



Setiap orang pasti mempunyai aktifitas yang berbeda-beda sehingga memerlukan konsumsi air yang juga berbeda-beda. Walaupun saran untuk meminum air adalah 8 gelas perhari, justru hal tersebut dapat mempercepat penurunan fungsi ginjal. Menurut dokter Tunggul D Situmorang, SpPD-KGH, ginjal adalah organ manusia yang kompleks dan mempunyai fungsi untuk membersihkan darah dan melakukan filtrasi sehingga racun-racun metabolisme dapat keluar melalui air kencing/urin.

Ketika manusia meminum air sebanyak 8 gelas perhari, maka diperkirakan urin yang akan keluar sebanyak 1 - 1,5 liter dengan penguapan badan kita, kira-kira dengan suhu subtropik 700-800. Seharusnya kita hanya membutuhkan 6-7 gelas perhari. Jadi aturan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas itu adalah aturan yang salah. Minum sewajarnya jika kita tidak terlalu banyak melakukan aktifitas.

Tubuh kita sudah diatur sedemikian rupa untuk memunculkan rasa haus ketika tubuh kita memang memerlukan air sehingga apabila kita minum air putih terlalu banyak akan membuat kerja ginjal menjadi berat menurut Direktur utama  RS PGI Cikini.

Minum air putih terlalu banyak pada penderita ginjal kronis akan menyebabkan osmolalitas urin lebih rendah dari osmolalitas plasma hal ini menyebabkan penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG) atau bisa dibilang mempercepat penurunan fungsi ginjal dan pada lanjut usia mengkonsumsi banyak air putih akan menimbulkan hiponatremia yang dapat menimbulkan kehilangan kesadaran, kejang-kejang hingga kematian.

0 Comments:

Post a Comment

Kalian boleh copas artilkel yang ada di website ini, asalkan mencantumkan sumber dan tidak perlu tanpa ijin saya